Friday, June 8, 2012

Dahsyatnya UP Desain Lanskap

Di tanggal 6 sampe 8 Juni 2012 ialah hari paling ditunggu-tunggu dan yang paling bikin deg-degan bahkan jantungan seantero lanskap IPB 46 karena, hari itu, hari dilaksanakannya UJIAN PRAKTIKUM DESAIN LANSKAP. Ujian Praktikum ini termasuk Ujian paling WOW alias Paling Tenar di Lanskap IPB karena, selain tugasnya yang bikin semingguan kagak tidur-tidur alias begadang, Ujiannya juga nggak tanggung-tanggung diadain TIGA HARI dari jam 8 PAGI sampe 5 SORE udah kayak kerja kantoran. Ujiannya tuh tugas setengah semester harus bisa dikerjain cuma TIGA HARI!!! kurang dahsyat apa coba?!? Hasil akhir berupa poster ukuran A1 2 lembar yang isinya harus ada inventarisasi, analisis sintesis, konsep dasar konsep desain, block plan, Site plan, Perspektif keseluruhan, 2 Perspektif spot, 2 potongan, dan detail konstruksi. Kebayang kan gimana stressnya anak-anak lanskap 46 menyambut UP ini........
Di tanggal 6 Juni, dipastikan nggak boleh telat nyampe kampus. Nggak lupa berkali-kali sms papa minta didoain supaya sukses ngerjain UP nya. Progres yang harus ada paling nggak harus ada invent sama analisis. Pertama-tama masuk studio masih berasa bengong, nguap, celingukan, dan bingung musti ngapain. Pas ngeliat kertas soal, ternyata peta yang ada murni pake skala garis dan disuruh ganti skala dan musti pake skala biasa. Kebayang banget ribetnya dan jerengnya bikin grid biar gampang bikin petanya. Akhirnya, untuk tanggal ini, cuma bisa nyelesaiin sampe ngejiplak peta analisis.
Sampe kosan, bertekad banget besok nggak boleh planga plongo lagi kayak tadi, dan besok paling nggak bisa nyelesaiin sampe site plan. Dengan tekad mantap, walaupun rasa kantuk udah di depan mata, akhirnya dikuatin buat nyari bahan malemnya buat konsepan besok sampe nggak terasa tidur diatas keyboard laptop yang masih dalam keadaan nyala sampe pagi (maafin nadya papaaa!!! :'( )
Di tanggal 7 Juni, dengan langkah gontai, kaki ini terpaksa harus dipaksa jalan ke kampus jam 8 pagi lagi walaupun, dengan mata yang menahan kantuk dan badan yang pegel-pegel gara-gara tidur dalam keadaan badan tengkurep. Bertekad di dalam hati, pokoknya Site Plan harus jadi hari ini!!! mulai keliatanlah di hari ini feel UP DL nya. bengong, nguap, celingukan, dan kebingungan udah mulai dikurangin (walaupun masih ada dikit yang ketinggalan). Konsep sampe blockplan udah lumayan lancar dikerjain, soalnya udah disiapin dari kosan sambil browsing di mbah google. Begitu nyampe siteplan, semua yang udah terpikirkan dan yang udah dibuat ngepul sudah karena ternyata tapaknya GEDE BANGET!!! Alhasil, harus muter otak lagi biar siteplannya nggak keliatan kosong dan akhirnya, progress hari ini cuma bisa sampe jiplak siteplan.

Oh iya, ada yang special di hari ini, karena salah satu sahabat karib, Mira, ultah ke 21. Selamat Ultah Mira, semoga menjadi orang yang lebih baik lagi di tahun 21 ini dan semakin mengingat Allah di segala waktu dan kesempatan.
Balik ke cerita, begitu sampe di kosan, bertekad banget malemnya buat ngerjain perspektif biar besok nggak keburu-buru. Ternyata, mata ini bener-bener udah nggak kuat lagi minta diistirahatin. Akhirnya ketiduran sampe pagi dan nggak ada hasil apa-apa malem itu. :'(
The last day, 8 Juni 2012, ini bukan tekad lagi, tapi udah harga mati banget buat nyelesaiin hari ini. Sampe istirahat siang cuma bisa nyelesaiin bikin potongan. Itu juga belum selesai diwarnain. Makin gundalah saat itu. Apalagi setelah diiming-iming sama sang dosen, Bu Reza, kalo jam 6 teng harus langsung dikumpulin, langsung juga ngebut sejadi-jadinya. Walaupun, tangan ini udah pegel sana-sini minta berhenti tapi, terpaksa harus terus dikejar sampe akhirnya posternya jadi dan siap dikumpul



Dan setelah ini semua selesai, kita semua sama-sama ngucap Alhamdulillah dan ngerasa speechless karena, akhirnya dengan kerja keras yang maksimal akhirnya bisa nyelesaiin tugas ini dan yang paling penting malem ini bisa tidur nyenyak. Berikut suasana studio bawah setelah pengumpulan DL.... :)



Sekian dulu untuk POINT OF MY LIFE dari UP Desain Lanskap. Besok ada Fieldtrip ke Bogor Nirwana Residence. Besok akan memotret POINT OF MY LIFE dari Fieldtrip Bogor Nirwana Residence bareng Landscapers 46 yang caur, Jangan dilewatkannnn!!! :)

No comments:

Post a Comment