Wednesday, April 17, 2013

Alohaaa....


Alohaaa....
Mungkin ketika membaca tulisan ini bakal mengira kalo ini bentuk sapaan kepada sang pembaca. Namun, sebenarnya ini bukan hanya sekedar bentuk sapaan akrab. Bukan juga merek air mineral. Tapi, varietas rumput baru dilapangan golf. Entah sang ilmuwan nemuin ni rumput di daerah perairan hawai atau terinspirasi sama moleknya penari hawai, coba diterka masing-masing ya. Abis itu kasih tahu jawabannya ke ni orang hahaha... Bicara tentang lapangan golf. Hari ini ni orang pingin ngangkat tema tentang tempat magangnya yaitu lapangan golf Senayan National Golf Club. Patut banget disimak ya, saudara-saudara...


Maaf banget baru sempet nulis hari ini, dari kemarin pingin banget bisa nulis. Tapi, berhubung ni orang sok banget ngeganti template. Jadi bingung gimana cara masuk ke dashboardnya dan kemaren akhirnya berhasil ngeganti ke bentuk yang mudah dimengerti. Hahaha.... Kemaren berencana banget pingin nulis setelah capek jalan setengah harian keliling lapangan. Tapi, ternyata diamond cut lebih menarik. Hahaha... Jangan dibayangin ya, maksud diamond cut itu apa. Karena jawabannya bukan dipangkas pake berlian atau yang mangkas disuruh joget ala rihanna di lagunya diamond (maaf kalo nggak jelas hahaha). Begitu di bis perjalanan pulang, mikir pingin banget merangkai kata-kata begitu nyampe rumah. Tapi, ternyata badan udah kepalang nyentuh kasur dan novel perahu kertas meraung-raung minta ditamatin. Jangan ngetawain ni orang karena itu udah kepalang jadul. Beberapa hari yang lalu diperjalan pingin pulang dari tempat magang langsung tertarik banget sama jajaan tukang dvd di jembatan yang ngejajain dvd perahu kertasnya. Coba bayangin sampe ni orang relain ngeluarin duit hasil ngumpulin tip dari pemain (maaf kalo ni orang bukan magang jadi kedi). Abis nonton tuh film, langsung penasaran sama cerita sebenernya dan alhasil langsung beli novelnya di toko buku. Doain aja ni orang nantinya punya energi extra buat ngulas ni buku di ulasan selanjutnya. Karena, sampe detik ini ni orang belum selesai-selesai baca. Ampunnn....

Balik lagi ke cerita tempat magang. Pertama-tama konsultasi dosen pembimbing, percaya ato nggak, sama sekali nggak ngajuin buat magang disini dan nggak tahu kalo ada golf di senayan. Yang terpikir hanya Jakarta Golf Club di rawamangun lantaran deket rumah. Tapi, ni orang masih inget banget ucapan sang dosen saat itu “Senayan tuh masih baru. Kamu pasti bisa banyak belajar disana”. Saat itu langsung bikin surat pengajuan magang ke komdik. Bisa dibilang detik-detik pengajuan magang ke Senayan merupakan waktu yang lumayan berat. Inget banget kalo waktu itu ngajuin kesana makan waktu satu bulan lebih. Selain tempatnya yang lumayan jauh, direktur HRD nya sibuk dan susah banget ditemuin. Alhasil disposisi surat jadi lumayan terbengkalai. Padahal waktu udah mendekati waktu magang sesuai jadwal. Hampir aja nyerah saat itu. Berkali-kali ngomong ke dosen minta pindah tempat magang ke rawamangun saat itu yang notabene yakin bisa bakal langsung diterima. Tapi, sang dosen pembimbing tetep kekeuh minta ni orang buat magang di senayan dan tetep nggak setuju buat pindah magang di rawamangun. Hampir sempet nangis dan bingung sama semuanya yang kunjung nggak jelas. Tapi, lagi-lagi semua karena papa. Papa berkali-kali nguatin kalo semuanya pasti bakal berhasil kalo ni orang sabar. Berkali-kali papa juga bersedia bolak-balik nemenin ke tempat magang. Mungkin nanti kalo ni orang udah lulus, rasa terima kasih yang paling tinggi ialah ditujukan buatnya. Akhirnya, kejelasan itu datang. Ni orang diterima magang disana dan perjalanan magang pun dimulai.

Kalian tahu, perjalanan selama magang itu nggak gampang. Setiap hari harus bangun pagi ngejar busway biar nggak telat. Harus tahan berhimpitan di dalam busway sama para karyawan yang lagi sibuk mencoba peruntungannya di jakarta. Sampai sana musti rela-rela panas-panasan di lapangan. Inget banget saat itu Sang Superintendant bilang “Riska, kalo bisa kamu coba jalan-jalan sendiri di lapangan ya.” dan kata sang consultant “Riska, klo bisa kamu ikutin semua pemeliharaan semuanya ya. Paling nggak kamu ngerti alatnya. Kalo kamu ngegunainnya lebih bagus lagi”. Alhasil badan ni orang belang-belang kena sinar matahari. Jangan tanya seberapa kagetnya orang-orang bahkan orang rumah sendiri ngeliat perubahan kulit ni orang dari putih bening jadi item kayak orang abis kena luka bakar. Sampe rumah rasanya badan remuk nggak berbentuk. Bawaanya pingin nempel dikasur terus. Bahkan, ada yang langsung ngehindar bahkan ngeledek “Mbak, mau berantem ya?” pas ngeliat ni orang bawa bambu yang banyak pakunya buat metode sisir. Jangan coba tanya metode ini apa ya. Karena, ini bukan rambut hasil sisiran yang disebar ditengah lapangan. Hahaha (maaf kalo nggak jelas... ) Ya itulah segelintir pengorbanan hebat untuk mengejar pelantikan sarjana pertanian.

Oke, mari lanjutkan lagi. Mungkin pada bakal berpikir betapa kasiannya ni orang terdampar di tengah lapangan golf. Sendirian pula. Tapi, sama kayak perumpaan hidup, disetiap duka ada sukanya juga. Entah kenapa dengan keberadaan  ni orang disini bukan berarti ni orang pingin banget ngumpat ni dosen atas kekeras kepalaannya. Tapi, justru ni orang pingin banget berterima kasih sama sang dosen. Banyak banget pengalaman yang diterima disini. Sebelum magang disini, bener-bener buta banget sama yang namanya pestisida, pupuk, nyiram, dan lainnya. Bahkan sempet minder sendiri karena, orang-orang dilapangan yang nggak mengenyam ilmu lebih tinggi dari ni orang bahkan lebih ngerti dari ni orang. Sempet menyesalkan karena milih topik ini yang murni milik orang agronomi. Kalo bisa dibilang, disini ni orang bener-bener belajar dari nol. Tapi, mereka nggak pernah mencemooh sekalipun. Mereka bener-bener ngasih tahu dengan baik. Berkali-kali juga mereka ngasih tahu kalo mereka juga dulu sama nggak ngerti juga. Tapi, karena pengalaman jadi makin ngerti. Itulah yang dipelajari.

Satu hal lagi yang bikin ni orang bangga banget. Karena, sang superintendant dan konsultan dari kontraktor pemelihara bukan orang baru di lapangan Golf. Mereka udah keren banget dengan beragam penghargaan yang mereka punya. Tapi, satu hal yang bikin ni orang dapet pelajaran banget, bahwa walaupun mereka sekolah tinggi bahkan dapet kedudukan tinggi, mereka sama sekali nggak meremehkan orang yang kerja di lapangan. Bahkan, tukang sapu sekalipun. Mereka sangat menghargai kerja keras orang-orang tersebut selama ini. Satu hal yang sering banget orang lapangan kasih tahu ke ni orang tentang omongan sang konsultan “saya nggak butuh ijasah, saya hanya butuh orang yang mau kerja keras”. Hebat bukan. Bikin pembelanjaran tersendiri bahwa kita nggak boleh ngeremehin orang sekecilpun.

Memang ada benarnya juga setiap perkataan dosen, bahwa disini ni orang dapet pelajaran banyak banget. Kadar air disini jelek banget. Nggak jarang bikin rumput rusak. Selain itu, waktu pertama kali sang konsultan ngeliat ni orang baca buku Beard yang jadi pegangan dari kampus, Sang konsultan langsung bilang “Kalo ada yang nggak ngerti kamu bisa tanya ke saya, jenis rumput disini nggak ada di buku yang kamu baca itu”. Yap, sampe kutilan juga nggak bakal nemu jenis rumput itu di buku itu, karena jenis rumput disini terbilang baru dan menyesuaikan sama keadaan air penyiraman yang tergolong air limbah. Jangan tanya darimana ni orang nemu literatur. Segala kata-kata berhubungan udah dicoba dan susah banget nemu yang cocok. Setiap nemu langsung bilang “Alhamdulillah” saking bersyukur dapet yang dipingin. Setiap literatur yang didapat juga nggak jarang dapet diatas tahun 2000, menandakan kalo jenis rumput ini tergolong baru.

Oh iya, keuntungan lain dari magang disini, ni orang berhasil ketemu Menteri Perdagangan RI!!! (Maaf kalo ini nggak penting). Saking penasaran banget karena setiap omongan sang Superintendant selalu dikaitkan dengan kata “Pak Gita” kayak “Iya, Pak Gita nggak suka kalo ditanam itu” ato “Pak Gita senengnya tanaman ini” dan alhasil ni orang berhasil beneran ketemu secara dekat sama yang terhormat, Bapak Gita Wiryawan. Saking penasarannya, sepulangnya dari sana, ni orang langsung ngegoogling dan ketemu profil tentang dia. Di tulisan itu juga tertera, dia seneng banget sama olahraga Golf. Panteslah ni orang bikin lapangan Golf. Nggak cuma dia aja, waktu itu juga sempet pernah ketemu Nurdin Chalid, Ardiansyah Bakrie, Primus Yustisio, dan yang lebih hebatnya lagi YUSUF KALLA!!! (maaf dicapslock). Oke, lapangan ini bisa dibilang bonafit sesuai konsepnya. Penasaran sama konsep lapangan golf ini?!? Dateng ke seminar ni orang ya nanti. Hahaha (maaf kalo ni orang numpang promosi)

Kalo ditanya dan banyak banget orang disana yang nanya “apakah ni orang pingin kerja di bidang ini kalo nanti lulus?” Jawabannya ialah “Iya” Bukan karena pingin ketemu orang-orang terkenal, bukan juga karena rela menghitam dan tahan panas, bukan juga pingin nyaingin kekayaan caddy-caddy di lapangan golf, Tapi, kerja di lapangan golf itu merupakan TANTANGAN. Karena, kita nggak pernah tahu kondisi lapangan kayak gimana, apa itu hujan atau kering, apa itu sinar mataharinya penuh atau nggak, apa itu harus pake herbisida dan pestisida, kita harus pinter muter otak dan siap dalam segala kondisi, yap, kalo kata sang Superintendant “Karena, kita orang lapangan.”

*siapsiap briefing

No comments:

Post a Comment